12.29.2013

#ILLUCINATIBDG

Yup, kemarin adalah hari yang cukup mengasyikan, kumpul dengan teman-teman lama. Yudi si pemegang golden ticket SUCI 4 Kompas TV (calon bintang nih), Gusman dan Okfa opener acara #ILLUCINATI kemarin, kang Fandi, Kuns, Irfan, dan para 'sesepuh' SUC Bandung. Tidak lupa Arif dan Pepe, para penerus Stand Up POLBAN.

Sudah lama sekali saya tidak kumpul dengan komunitas Stand Up Indo Bandung. Ingin rasanya ber-'Stand Up' lagi, rindu akan ketegangannya, rindu kegerogiannya, rindu kesusahan ketika membuat materi, rindu ketika sharing,. dan rindu kepuasan yang bisa dirasakan ketika membuat para penonton ketawa. ah! semua itu seolah sirna karena sibuk dengan urusan lain.

Kemarin adalah Tour ke-2 Ernest Prakasa yang berjudul #ILLUCINATI. Materinya keren, lebih banyak mendidik-nya saya rasa.


Setelah nonton #ILLUCINATIBDG membuat pandangan saya terhadap politik sekarang semakin terbuka (selain pegal rahang tentunya) , terutama untuk pemilu persiden nanti.

"Golput ataupun tidak Golput itu hak setiap orang. tapi jika Golput, rela kah suara kita dipakai oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab?"
Golput biasanya terjadi jika tidak ada calon baik presiden atau anggota legislatif yang sesuai dengan keinginan kita. Tapi dengan golput apakah itu menyelesaikan masalah? toh golput atau tidak pun tetap pasti diantara mereka akan ada 1 yang terpilih.

Alternatif lain saya rasa adalah dengan mencari tahu profil atau latar belakang dari setiap calon, ya walaupun semuanya mungkin tidak sesuai dengan keinginan kita, tapi kita bisa mengukur mana diantara mereka yang lebih 'pantas' kita pilih.

Kemarin Ernest menyampaikan salah satu materinya tentang 3 orang calon presiden nanti yang mungkin saya rasa tidak pantas untuk menjadi presiden.

Tahukah kamu kalo diantara mereka ada yang pernah terlibat kasus kriminal? tahukah kamu kalo diantara mereka ada yang pernah dipecat dari militer karena terbukti ikut berperan dalam kasus penculikan? jujur, saya baru tahu dan sayangnya menurut survey hanya 28% orang di Indonesia yang tahu hal itu..

Itulah pentingnya mencari tahu tentang masa lalu para calon presiden kita nanti. dan tidak lupa berdoa semoga orang yang terbaik yang tepilih nanti. Aamiin.

Oh iya, kemarin juga #ILLUCINATIBDG kedatangan walikota terkece se-Indonesia, siapa lagi kalo bukan Ridwan Kamil. Lalu Ernest pun menyindir tentang Ridwan Kamil vs Farhat Abbas, "udah pak, yang gitu mah tendang aja!" kata Ernest.


Yah, itulah mungkin hal berkesan yang saya alami di akhir tahun ini, tak kalah menarik dengan pengalaman akhir tahun lalu :).

12.12.2013

Bandungku Sekarang

Dulu, Bandung tidak punya walikota sama sekali. ya, waktu jaman Nabi Adam.. tapi sekarang berbeda. Walikota baru dengan karakter yang sangat unik. Ridwan Kamil atau sering dipanggil Kang Emil, adalah orang yang terpilih menjadi Walikota Bandung periode 2013-2018..

Beliau memiliki karakter yang sangat unik, salah satunya humoris.. melalui akun twitternya @RidwanKamil, beliau sering membalas mention atau membuat twit yang cukup lucu. Lihat saja salah satu contohnya, ketika Farhat Abbas 'menyerang' #SeninGratis-nya Kang Emil melalui twitter (#SeninGratis yaitu  salah satu program kerja Kang Emil dimana setiap hari senin para siswa di Bandung gratis naik Bis Damri ke segala jurusan), Kang Emil pun membalasnya dengan balasan yang simple, lucu tapi kena hahaha

Keren lah pokoknya!!!


Twit Farhat Abbas:

Balasan Kang Emil:
Oh iya, kalo lagi ga ada kerjaan cuman bisa scroll-scroll timeline twitter, bisa sekalian kepoin pak walkot Bandung tuh.. lumayan dapet jokes harian.

12.08.2013

Manusia

Manusia, itulah namanya.Seperti kata Dilan, "Ada yang kayak aku, ada yang kayak kamu, ada yang kayak mereka... kamu mau semua orang kayak kamu?"

Seperti di film Avatar Korra, bukan kemampuan pengendaliannya, tapi tidak ada kegelapan tanpa cahaya. Begitu juga sebaliknya. Manusia ada yang jahat, ada yang baik, ada yang nganggap serius becandaan, dan ada yang lagi galau malam ini, semoga bukan saya.

Jauh disana, ada yang sinis, ada yang protes tapi ga tahu keadaan persis, ada yang nyeriusin becandaan. Tak masalah, karena itulah mereka, selama mereka memaklumi bahwa itulah saya.

Seperti kata Dilan, "Ada yang seperti aku, ada yang seperti kamu, ada yang seperti mereka... kamu mau semua orang seperti kamu?"...

#NTM

11.28.2013

Bisakah Kita?

Di pintu sebuah rumah sakit, aku melihat seorang pria yang sedang sibuk membuka jalan sambil membawa seorang wanita yang sedang hamil tua untuk segera mendapatkan pertolongan dokter. Sepertinya perempuan itu akan melahirkan. ya.. pria dan wanita itu adalah sepasang suami istri, mereka menikah sekitar 1 tahun yang lalu.

Entah karena penasaran atau apa, aku mengikuti mereka untuk menyaksikan proses kelahiran. Aku hanya duduk diluar ruangan sambil bermain handphone, sesekali terdengar suara dokter dan suara wanita yang sedang bersiap untuk melahirkan..

Tak lama kemudian, terdengarlah suara tangisan bayi.. walaupun aku tidak memiliki hubungan saudara, bahkan aku tidak mengenal mereka, tp aku bisa merasakan apa yang mereka rasakan... bahagia! Aku pun mencoba mencuri-curi waktu untuk mengintip dari luar melalui jendela yang terhalang gorden kamar. Astaga! bayi tersebut lahir tanpa tangan dan tanpa kaki.. Sementara sang istri kelelahan dan tak tahu kondisi bayinya, terlihat sang suami yang tetap bahagia dengan kondisi bayinya tanpa kaki dan tangan.

Setelah bayi dibersihkan oleh seorang suster, diberikanlah bayi tersebut kepada sang suami. lalu pria tersebut berkata kepada suster, "Terima kasih suster.. Alhamdulillah, do'a saya dikabulkan..", kemudian suster tersebut menjawab "Alhamdulillah, saya turut senang pak, tentunya memiliki anak adalah harapan setiap orang yang sudah berkeluarga..", lalu si pria menjawab lagi "iya mba, tapi bukan itu yang saya maksud.." , "maksudnya?" balas si suster, si pria pun menjawab "Dulu waktu saya muda, saya sangat nakal,. saya sering mencuri, mabuk, judi, dll.. dan saya berubah ketika akan berkeluarga, pernah terselip dalam doa saya, saya tidak ingin memiliki anak seperti saya dulu, dan sekarang Tuhan mengabulkan doa saya.. dengan kondisi yang seperti ini, mungkin anak saya akan terhindar dari perbuatan-perbuatan buruk yang pernah saya lakukan.." , suster itu pun hanya tersenyum...

Mashaallah.. Begitu mulia nya pria ini, menerima apa yang diberikan oleh Tuhan meski memiliki banyak kekurangan.. bersyukur mungkin lebih mudah ketika kita memiliki banyak kelebihan, tapi pertanyaannya,.. bisakah bersyukur walaupun kita tidak memiliki apa-apa?

11.19.2013

Oh Jakarta...

Hari ini saya mendapatkan kabar bahwa hari jumat nanti adalah hari terakhir saya bekerja di Jakarta (untuk saat ini). Sempat berpikir "Mengapa saya harus kembali ke Bandung ketika Jakarta sudah mulai sejuk dan Bandung menjadi begitu dingin?".

Ada beberapa hal unik yang Saya alami selama di Jakarta. diantaranya...

11.07.2013

Resmi Jadi Anak Kost

Sudah 3 hari berlalu sejak saya tiba di Ibu Kota dengan eksotis. Karena tuntutan profesi yang mengharuskan saya tinggal di Jakarta untuk sementara waktu, walaupun pada awalnya saya tidak mau, tp mau gimana lagi?

Sebelum pergi terpikirkan beberapa hal yang harus dipersiapkan, seperti baju mana saja yang akan dibawa, peralatan mandi, sendal jepit, nama samaran, dll. di Jakarta nama masih Asep? oh no! sempat ditertawakan oleh penjaga kos ketika registrasi, entah karena nama nya yang lucu, orang nya yang lucu, atau gaya bicaranya yang lucu karena untuk menyebutkan kata "Asep" saja butuh energi yang sangat besar, bagi saya.

10.24.2013

Ketika Toilet Menjadi Tempat Favorit

Beberapa hari yang lalu salah satu toilet di kantor tempat saya bekerja rusak, tepatnya toilet di lantai 2. Padahal toilet tersebut adalah toilet kesukaan saya. ada 2 alasan, pertama, toilet di lantai 2 adalah satu-satunya toilet yang menggunakan wc jongkok dan alasan yang kedua adalah karena toilet tersebut enak dijadikan tempat berwudhu alias menggunakan keran langsung, memang sih di lantai 1 ada toilet yang menggunakan keran langsung tapi sayangnya toilet tersebut menggunakan wc duduk.

mengapa demikian? karena saya rasa 2 hal tersebut menurut saya adalah hal yang penting bagi seorang muslim.

10.16.2013

Kado Yang Tertinggal

Ga nyangka hari ini ada yang ngasih kado ulang tahun, padahal ulang tahun saya sudah berbulan-bulan yang lalu.. haha.. Sekilas sih tak ada yang istimewa dari kado ini, tapi... keistimewaan bukan dari apa yang diberikan, tp kapan hal tersebut diberikan #tsahhh ....

  


Saya tidak tahu apa yang ada di dalam kado itu bahkan tidak terpikir bahwa itu adalah benda yang saya butuhkan saat ini. Lihat saja beberapa jam sebelum kado ini diberikan, saya berencana untuk pergi membeli headset di sebuah supermarket..


Komentar tersebut ada pada salah satu status facebook, dimana teman saya mengajak saya pergi ke Borma.. tapi hal tersebut tidak terlaksana karena saya harus lembur di kantor.. dan ketika kado tersebut dibuka.. bam!! ternyata itu headset  (atau earphone atau apalah itu -_-")..


Catatan:
lagi-lagi Tuhan mengabulkan keinginan sekaligus kebutuhan saya, hanya dalam beberapa jam.. MashaAllah...
seketika teringat sebuah statement bahwa "Tuhan lebih cenderung memberikan sesuatu yang kita butuhkan daripada memberikan apa yang kita inginkan, karena yang kita inginkan belum tentu baik untuk kita dan belum tentu kita membutuhkannya".. dan itu terbukti benar...

10.15.2013

Rencana Baik Dengan Cara "Buruk"

Tiba-tiba inget kejadian beberapa tahun yang lalu, mungkin sekitar tahun 2007-an. Saat itu saya bersama teman-teman merayakan malam takbiran bersama. Saya sudah mulai berteman dengan mereka sejak 2004, mereka dikenal sebagai anak 'gang'. ya begitulah kehidupaannya, merokok, mabuk, berkelahi, dll. dan semua itu dilakukan ketika masih bersekolah di SMP. Entah apa yang tersirat dalam benak saya sampai saya ikut bersama mereka. Seperti terlihat buruk, tp nyatanya tidak.

Kami pernah melakukan hal-hal konyol bersama,.. haha berkeliaran di kuburan jam 9 malam, memijit Bel rumah orang lain kemudian lari, menjatuhkan shampo dan sabun di kamar mandi orang lain, dll. Dan saya tidak yakin hal itu bisa kami ulang sekarang...

10.12.2013

Excel Goes to School

Kurang lebih 1 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 27 September 2012, HIMAKOM POLBAN melaksanakan salah satu prokernya yang bernama Excel Goes to School..
yang terbayang ketika mendengar kata "Excel" paling HLOOKUP, VLOOKUP, dll... tp tidak dengan "excel polban" ini. Bagaimana kita membuat suatu pola matematis yang dapat menjadi sebuah grafik yang indah.

9.29.2013

Liga JTK 2013 #1

Hari ini adalah pertandingan pertama Liga JTK 2013 antar tim 2010 (oren) dengan 2012 A (hijau). ini fotonya:


Bisa dilihat dari foto, saya berada paling kiri..... maksudnya bangku cadangan. haha
Sehari sebelum pertandingan, saya bermimpi mencetak gol pada salah satu pertandingan liga JTK, sempat terpikir "apakah ini pertanda saya akan cetak gol?" mengingat saya pada liga sebelumnya berada di posisi sayap sepertinya tidak mungkin...hmmm

tetapi ketika mulai dimainkan, saya berada di posisi gelandang, dan coss!!! gol kedua pun berhasil saya sumbangkan untuk tim 2010...
yang saya rasakan setelah  mencetak gol itu kaya tiba2 pengen jalan moonwalk di depan supporter, seneng banget!! dan entah karena bolanya ringan atau apa, biasanya saya tidak bisa menendang jauh, terutama jika sudah drible, abis tenaga...
Prinsip saya jika bermain sepak bola di lapang besar itu hanya ada 2 kemungkinan, kalo ga drible, ya nendang.. ga bisa melakukan keduanya, karena tenaga saya hanya cukup untuk satu diantara dua itu.. haha tapi dipertandingan hari ini, berbeda...dan akhir pertandingan pun dimenangkan 2010 dengan skor 4 - 0..

9.26.2013

Waspadalah Terhadap Makanan!

Bukannya saya tidak suka memakan makanan yang enak, tapi begitu banyak pertimbangan ketika mencoba suatu makanan yang enak.. entahlah, setiap saya memakan makanan yang begitu enak misalnya eskrim, coklat, dll.. ada kekhawatiran bahwa makanan itu tidak 'aman'... jangankan makanan seperti itu, daging ayam saja banyak yang tidak 'aman'.. bahkan sangat jarang sekali seorang penjual ayam yang menyembelih ayamnya dengan benar. Saya pernah melihat langsung proses penyembelihan ayam disebuah peternakan ayam dekat rumah... tragis.. ayam itu dipotong dengan cepat dan dilempar kedalam sebuah tong yang berisi ayam-ayam yang sudah disembelih... parahnya lagi, ayam tersebut dilempar masih dalam keadaan hidup... tak terlihat si penyembelih tersebut mengucapkan "bismillahi allahuakbar"... ada juga yang lebih parah adalah penjual daging ayam yang tidak membunuh ayamnya dengan cara disembelih, tp digantung...
Saya pernah melihat sebuah video ceramah yang disampaikan oleh seorang ustad (lupa namanya) yang membahas tentang makanan di akhir zaman seperti ini... beliau mengatakan bahwa salah satu trik yahudi dalam menghancurkan islam adalah melalui makanan, karena jika makanan yang masuk ke perut kita haram, maka perbuatan kita pun akan cenderung kepada keburukan.. bukannya tak berilmu ata sok tahu, beliau mengatakan hal tersebut karena beliau adalah mantan misionaris yang mempunyai misi menghancurkan islam lewat makanan,..

Dalam ceramahnya, disebutkan beberapa produk yang sangat digemari masyarakat namun ternyata makanan tersebut haram, lalu timbul pertanyaan "ada label halal nya kan?", beliau menjawab "memangnya pihak yang memberi label halal melihat proses produksi setiap hari?", dan beliau pun memberitahu bahwa jika sebuah makanan memiliki komposisi "lechitin" berarti makanan tersebut mengandung minyak babi, kadang namannya disamarkan dengan menuliskannya "soya lechitin" atau "lesitin kedelai",... wallahu'alam bishawab..
Pernah saya mencoba memberi tahu beberapa rekan-rekan saya untuk berhati-hati dalam memilih makanan, namun kebanyakan menjawab "kita kan gatau, gpp kali".. nah ini yang salah, kita terlalu nyaman dengan ketidaktahuan,.. bagaimana jika Allah memberitahu kita melalui video tersebut, tapi kita malah tidak percaya?
Sekarang pilihan anda, apakah anda menjadikan tulisan ini sebagai pengetahuan atau anda nyaman dengan ketidaktahuan? saran saya sih lebih baik berhati-hati dalam memakan makanan, terutama jika makanan tersebut 'meragukan'...

“Tinggalkanlah perkara yang meragukanmu kepada perkara yang tidak meragukan.” (Riwayat at-Tirmidzi dan dia berkata, hadits hasan shahih)



9.09.2013

Tidung!

What a wonderful day...
Baru 1 minggu kerja udah diajak liburan, ke Pulau Tidung selama 2 hari 1 malam, Gratis pula...
Untuk pertama kalinya saya pergi meninggalkan pulau jawa... 4 jam perjalanan darat + 2 jam perjalanan laut, sungguh terasa sangat lama ditambah kondisi fisik yang ngedrop...
Penderitaan selama diperjalanan darat dan laut sungguh terbayar dengan keindahan pulau tidung, air yang bersih, laut yang berwarna biru kehijauan, dan putihnya pasir sungguh tak pernah terbayang saya bisa sampai ditempat seperti itu... sempat ada perasaan menyesal karena ikut ke pulau tidung ketika diperjalanan, tp sesampainya disana saya berpikir mungkin saya akan menyesal jika tidak ikut...


kegiatan disana pun sangat menarik, salah satunya snorkling... jujur, saya tidak tahu istilah snorkling sebelum saya snorkling haha...


Disana saya dan rekan-rekan sekantor dibimbing oleh 2 orang guide, mereka adalah guide paling baik yang pernah saya jumpai,.. ketika kejujuran sudah jarang sekali ditemukan, apalagi masalah uang... namun mereka sangat jujur dan sangat bisa dipercaya, setidaknya yang saya rasakan.
ketika saya salah membayar suatu wahana permainan kepada mereka, mungkin kebanyakan orang akan mengambilnya, tapi mereka tidak,.. mereka mengembalikan uang itu ketika sore tiba..
Kembali ke topik "indahnya pulau tidung"..
pagi hari pun tidak kalah indahnya dengan siang hari, alhamdulillah saya sempat mengabadikan momen pagi hari di pulau itu...


tak lupa untuk mempraktekan ilmu yang sudah saya pelajari bertahun-tahun, seperti menerbangkan benda dan mengeluarkan kamehameha..

   

sekian cerita tentang keindahan pulau tidung, semoga bisa pergi ke tempat-tempat indah seperti itu lagi,. dan gratis tentunya haha.. tp dari sekian banyak tempat wisata di Indonesia, hanya 1 yang ingin saya kunjungi, yaitu Candi Borobudur, insya Allah...


9.02.2013

Itulah JTK


Banyak yang saya rindukan dari JTK (Jurusan Teknik Komputer POLBAN). canda tawa, kebersamaan, bahkan lelucon-lelucon yang secara tidak langsung menyudutkan JTK itu sendiri, misalnya...
"3 tahun kuliah di JTK itu ga kerasa ya, kaya tidur aja.. cuman isinya mimpi buruk semua...",
Itu salah satu dari lelucon-lelucon di JTK.. selain itu juga, yang saya rindukan adalah beberapa mata kuliah yang mirip perempuan, susah dimengerti maksudnya haha, bukan pelajarannya saja yang susah dimengerti, tapi penilaiannya juga. Mana ada coba mahasiswa yang mendapatkan nilai 2 dari skala 100 merasa bangga karena ada yang mendapatkan nilai 1?? ya cuman di JTK... nilai paling tinggi yang pernah saya dapat sekitar 30 - 40 dari skala 100, dan saya pun tidak mengerti mengapa saya bisa mendapatkan nilai sebesar itu?
itulah JTK...

Ketika mendapatkan kabar gembira sekaligus sedih bahwa saya dan kawan-kawan dinyatakan lulus, ada kekhawatiran hilangnya masa-masa indah tersebut. namun itu sudah menjadi salah satu jalan hidup. ada pertemuan, pasti ada perpisahan...
Namun ketika saya sudah bekerja, semua itu seolah-olah tidak hilang, karena memang mayoritas pekerja di perusahaan yang saya singgahi sekarang adalah alumni dari JTK dan 12 orang dari angkatan saya (2010) masuk sebagai karyawan baru, ditempatkan dalam 1 proyek, satu ruangan, dan satu cinta #alah. Bahkan suasana disana lebih ramai, karena mayoritas dari 12 orang tersebut memang orang-orang yang selalu membuat JTK tertawa dengan tingkah lakunya, walaupun kadang terlihat sedikit berlebihan, tp itulah mereka, tak ada dendam, tak ada sakit hati, hanya tertawa bersama...

itulah JTK....

6.27.2013

Pandji ketemu Saya

Pandji pernah mengadakan sebuah tour stand up nya yang bernama Merdeka Dalam Bercanda atau disebut juga #MDBTour. pada saat itu saya hadir di show nya.


tak mudah stand up comedy selama 10 menit, karena pas 5 menit pasti keringat sudah sampai pantat. tp itu tidak berlaku sama Pandji, pas show itu, dia stand up selama kurang lebih 1 jam. Kereeenn gilaakk!!!
di sana banyak comic2 keren juga, dan mereka juga punya kesempatan foto bareng saya. Alhamdulillah :)

  



sejak saat itu, saya mulai bergerak di StandUp_POLBAN dan mulai join dengan StandUpIndoBdg.

3.09.2013

Kalo Sendiri, Berani Ga Ya?

Saya ingin mencoba menuangkan kekesalan saya yang mungkin juga kekesalan pembaca terhadap kelakuan segerombolan orang.
Ketika satu orang bergabung dengan sekelompok orang lainya, tingkat keberanian mereka meningkat drastis. Berani anarkis, berani mengganggu, dan bahkan berani tidak tertawa setelah membaca kalimat ini. Hahaha yang terakhir cuman becanda. Setiap saya melihat segerombolan orang yang anarkis/mengganggu, selalu tersirat dalam benak saya “jika mereka sendiri, berani gitu gak ya?”.
Tak usah mengambil contoh dari mahasiswa yang demo dan anarkis, lihat saja sekeliling kita. Pasti ada orang-orang yang berkedok mahasiswa yang kelakuannya tidak mencerminkan mahasiswa. Saya ambil contoh ketika mereka merokok. Tak ada masalah dengan perokok. saya punya banyak teman perokok, teman penjual roko dan teman yang menjual rokok sambil merokok. Tapi segerombolan orang itu meniup asap rokok ke arah orang lain, dan itu terjadi di tempat makan. astagaaaaa….. mesin mobil saja knalpotnya disimpan dibawah agar tidak mengganggu kenyamanan orang lain. Tapi emang wajar sih, kan yang bikin mesin mobil orang yang pintar.

Jujur jika saya menjadi mereka, saya tidak mau melakukan hal tersebut, karena selain saya adalah manusia beradab saya juga bukan perokok hahaha.
Tidak hanya dengan rokok, tp dengan mengganggu kenyamanan orang lain. Mungkin karena ingin mencari perhatian, agar jati diri nya terlihat….. sebagai manusia yang tidak beradab. Tetapi saya yakin, diantara orang-orang tersebut, masih ada orang yang baik, dan merasa terjebak berada disitu.
Saya menuliskan ini hanya sebagai media penyampaian pesan kepada siapapun yang membaca ini. Marilah kita menjadi orang yang beradab. Ingat, damai itu indah, tak perlu berusaha untuk menunjukan jati diri dengan hal negatif, cukup lakukan hal positif, jati diri sebenarnya akan muncul dengan sendirinya. Dan untuk informasi saja, saya menulis ini seorang diri, tidak beramai-ramai.