10.24.2013

Ketika Toilet Menjadi Tempat Favorit

Beberapa hari yang lalu salah satu toilet di kantor tempat saya bekerja rusak, tepatnya toilet di lantai 2. Padahal toilet tersebut adalah toilet kesukaan saya. ada 2 alasan, pertama, toilet di lantai 2 adalah satu-satunya toilet yang menggunakan wc jongkok dan alasan yang kedua adalah karena toilet tersebut enak dijadikan tempat berwudhu alias menggunakan keran langsung, memang sih di lantai 1 ada toilet yang menggunakan keran langsung tapi sayangnya toilet tersebut menggunakan wc duduk.

mengapa demikian? karena saya rasa 2 hal tersebut menurut saya adalah hal yang penting bagi seorang muslim.


Pertama, mengapa wc jongkok lebih baik dari wc duduk? karena dalam islam sendiri sangat tidak dianjurkan buang air kecil atau kencing sambil berdiri, karena hal tersebut bisa membuat air kencing kita mengenai anggota tubuh/pakaian sehingga pakaian kita menjadi najis dan tidak sah jika digunakan untuk sholat. selain itu juga jika kencing sambil berdiri, air kencing tidak keluar semua, kadang jika kita melakukan kencing sambil berdiri kemudian sholat, ketika ruku atau sujud terasa ada yang keluar dari kemaluan. itulah sisa dari air kencing yang tidak keluar saat kencing berdiri, dan membuat sholat itu tidak sah.

yang kedua, mengapa harus wudhu langsung dari keran air? sebenarnya tidak harus, tapi ada hal yang harus diperhatikan,.. jika air dari tangan kita yang sudah kita basahi menetes kedalam ember/bak/tempat air yang kita gunakan berwudhu, maka air itu menjadi air musta'mal, yang artinya bahwa air tersebut suci tapi tidak dapat mensucikan, kecuali jika air tersebut sebanyak 2 Qullah (menurut referensi sekitar 270 liter, untuk lebih jelasnya bisa lihat referensi dibawah). itulah sebabnya mengapa saya lebih suka wudhu langsung dari keran air.

kencing sambil berdiri juga dapat menimbulkan beberapa penyakit. seperti yang dikutip dari website referensi :

...setelah berkembangnya ilmu medis banyak ilmuwan yang meneliti tentang berbagai penyebab penyakit. salah satunya adalah penyakit kencing batu. Dari beberapa media online disebutkan bahwa kencing sambil berdiri merupakan salah satu penyebab utama timbulnya kencing batu. Selain itu kencing berdiri juga menjadi salah satu penyebab penyakit lemah syahwat bagi sebagian pria.
Dan kita juga dilarang merencanakan sesuatu di dalam toilet, karena toilet itu adalah tempat tinggal setan. khawatir bahwa rencana tersebut berasal dari bisikan setan. Seperti yang dijelaskan dalam hadis Zaid bin Arqam radiyallohu ‘anhu, dan selainnya yang diriwayatkan oleh Ahmad (4/373), Ibnu Majah (296), Ibnu Hibban ( 1406), Al Hakim (1/187) dan selainnya:

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam, bersabda: “Sesungguhnya tempat-tempat buang hajat ini dihadiri (oleh para setan, pen), maka jika salah seorang dari kalian hendak masuk kamar mandi (WC), ucapkanlah “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari setan laki-laki dan setan perempuan.”
Wallahu a'lam Bishawab...

baca juga referensinya:

0 comments:

Post a Comment