1.12.2014

Karakter Dalam Penulisan

Suatu ketika, saya ikut semacam seminar di ITB (lupa nama acaranya), dimana dalam seminar itu diberikan pengetahuan tentang bagaimana membuat karakter game. Baik dari bentuk, sifat, gestur, dll. Misalnya, ketika kita ingin membuat karakter game yang keras kepala, kita bisa membuat wajahnya dengan melihat batu. Ketika kita ingin membuat karakter game yang galak, kita bisa membuat wajahnya dengan melihat Singa. Aneh kan? Ya, tapi itulah caranya agar sifat-sifat tersebut bisa terlihat dari wajahnya.

Didalam sebuah karya tulis tentunya akan ada karakter didalamnya, baik itu si penulis atau orang lain. Terutama jika tulisan itu tulisan fiksi. Masalahnya adalah bagaimana membuat 'sifat' para karakter itu dalam sebuah cerita agar cerita itu menarik?

Buatlah setiap karakter dalam cerita itu tidak sempurna. Harus selalu memiliki kelebihan dan kekurangan. Dan lebih baik lagi jika kekurangan itu lebih banyak dari pada kelebihannya. Kalaupun nanti memang dibutuhkan karakter yang sempurna, buatlah karakter tersebut jarang muncul dalam cerita. Kita ambil contoh pada film Doraemon.

Doraemon 
Punya segalanya didalam kantong ajaibnya, tapi takut sama hal kecil, tikus.
Nobi Nobita
Sebagai karakter utama dalam film itu memiliki sifat baik hati tapi memiliki sifat malas, manja, cengeng dan sering di bully teman-temannya.
Suneo Honekawa
kaya raya, tapi sombong, penakut, dan masih ngompol ketika tidur :)
Shizuka Minamoto
Cantik, tapi tidak bisa merespon kode yang selalu diberikan Nobita #lah.
Takeshi Goda
Besar dan kuat, tapi tempramental dan suaranya jelek. (lol)

Selain itu, ada karakter yang sangat sempurna. Siapa?

Dekisugi
Pintar, Baik dan Ganteng. Tapi Dekisugi sangat minim sekali muncul dalam serial Doraemon. Hanya sekali-kali jika memang dibutuhkan,.

Semoga tulisan ini bisa menambah pengetahuan baik pembaca atau penulis..

Sumber karakter Doraemon.

6 comments:

  1. sendiri sep ke acara yang di itb itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyakan dulu da, yg promosi komunitas itu kan? haha

      Delete
  2. Bener banget tentang negbuat karakter yang unik dan gak sempurna.. Kalau sempurna nanti kayak mary sue terus gak disukain deh XD

    ReplyDelete
  3. betul kak! Mudah-mudahan tulisan kakak bisa bantu aku nulis. hehe. Makasih sembelumnya :)
    Singgah ke blog ane juga ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, iya saling menambah ilmu saja :)... oke

      Delete