12.08.2014

World's First Virtual Global Hackaton


Minggu ini adalah minggu-minggunya hackaton. Setelah minggu lalu saya mengikuti kegiatan BestAppsID 2014 di Sabuga ITB, kemarin saya mengikuti hackaton serupa, hanya saja lingkupnya seluruh dunia. Ini adalah kedua kalinya saya mengikuti event internasional setelah Imagine Cup yang saya ikuti ketika masih duduk di bangku kuliah.


WELCOME TO THE WORLD'S FIRST VIRTUAL GLOBAL HACKATON


Acara ini bermaksud untuk menghubungkan semua developer di seluruh dunia untuk 'ngoding' bersama terlepas dari lokasi mereka berada. Setiap tim akan diminta untuk memecahkan masalah (sesuai tema yang diberikan selama 2 hari) bersama untuk memenangkan kompetisi ini.

Tidak main-main, hadiah yang ditawarkan sangat besar. Totalnya mencapai $35,000! yang akan dibagi menjadi 3 kategori pemenang.
  • Top Hacker
    1. First prize: $5,000 $8,000
    2. Second prize: $3,000 $4,000
    3. Third prize: $2,000
  • Student Hacker (High school or less)
    1. First prize: $1,500
    2. Second prize: $1,000
    3. Third prize: $500
  • Apprentice Hacker
    1. First prize: $1,200
    2. Second prize: $800
    3. Third prize: $500
Itu semua belum termasuk hadiah tambahan yang disediakan panitia (lihat detail hadiah dan detail acara disini). Dan total peserta yang mengikuti kompetisi ini adalah 1000 2000 tim!

TEMA PERMASALAHAN


Tema yang diberikan panitia kepada peserta diantaranya:
  1. Problems facing our planet, explained using interactive data visualization. (e.g. climate change, earthquakes, food/water waste, accessibility related issues, etc.)
  2. Introducing software development to a beginner (games!)
  3. No one reads the fine print (ie TOS, EULA, legal documents) anymore yet every site has them. Devise a creative/interactive solution.
  4. HTML5 games that are educational and learning oriented. (multiplayer preferred)
  5. Challenges associated with real time communication and translation (Star Trek universal translator anyone?)
..dan tim saya memilih tema no 3, yaitu bagaimana solusinya agar user mau membaca fine print / term suatu website (yang biasanya kita lewat dengan menekan tombol I Agree :D).

If everyone is too lazy to read the fine print, let them to HEAR IT!


Itu adalah quote yang menginspirasi kami ketika mengusung tema ini. Jika setiap orang tidak mau membaca fine print, bagaimana jika kita buat fine print yang mampu berbicara kepada mereka?

Bukan tanpa alasan setiap user malas untuk membaca fine print, melainkan karena isi fine print begitu banyak dan membosankan. Dibawah ini ada statistik jumlah kata yang ada pada term/EULA beberapa website terkemuka menurut Georgia Institute of Technology:


Secara ide, solusi ini sangat sederhana, tapi ketika diimplemen, kami menemukan beberapa masalah, diantaranya adalah API Google Speech hanya dibatasi 100 karakter per request, Selain kami harus memparsingnya dengan benar yaitu kami harus membagi teks berdasarkan spasi paling mendekati karakter ke 100 agar setiap request tidak berhenti dipertengahan kata, masalah lainnya adalah API Google Speech tidak bisa di request via browser. Berhari-hari kami mencari cara bagaimana caranya agar bisa request via browser bahkan sampai mencari API lain walaupun pada akhirnya kembali menggunakan API Google ini karena inilah yang paling baik menurut kami.

Akhirnya kami menemukan caranya, yaitu dengan melakukan request di server kami (koding.com), dan web kami melakukan request ke server sendiri (tidak langsung ke google). Sudah selesaikah? tidak! Selain itu kami kami juga harus melakukan stream audio dengan baik, agar tidak terjadi jeda ketika setiap selesai membacakan request. Dengan sedikit ilmu magic (rekursif), akhirnya masalah itu terpecahkan, walaupun harus 'berdarah-darah' :D. Benar kata dosen, fungsi rekursif itu memang ajaib!


Setelah 2 hari tidak mandi koding, akhirnya kami mampu menyelesaikan apa yang kami usung. Dan kalian bisa melihatnya disini. Tapi sayang, tidak bisa dilihat secara langsung (live) :(.

UPDATE 13 DESEMBER 2014


Hari ini kami mendapatkan email pemberitahuan bahwa kami lolos tahap 1 :D. Berikut isi email yang kami dapat:


Kalian bisa melihat list aplikasi yang lolos tahap ini disini. Bantu vote untuk tim kami disini :D

UPDATE 15 DESEMBER 2014


Alhamdulillah, kami lolos sampai tahap final (yeah!). Berikut email yang kami dapat:


Namun ada beberapa kesalahan ketika pendaftaran, sekarang masih di konfirmasi dan saya sendiri belum tahu bagaimana nasibnya :(.

0 comments:

Post a Comment