1.24.2015

Pengalaman Kuliah di MongoDB University


Belajar tentang database MongoDB di MongoDB University yang saya alami selama tiga minggu (total 7 minggu + final exam)  ini, sangat menarik. Materi setiap minggunya sangat jelas, dan singkat. Dan pada beberapa materi terdapat kuis yang kita bisa menjawabnya langsung disitu. Keren! Memang cocok untuk orang yang baru belajar mongodb.

Di event tersebut, saya mengambil course mongodb untuk programmer node js. Awalnya saya pikir course tersebut hanya untuk para 'pemain lama' di node js, ternyata bukan, karena disana saya diajarkan juga bagaimana memulai programming dengan node js . Lumayan, selain dapat ilmu gratis, online course nya juga menyenangkan. Saya sangat ingin menuliskan kembali semua materinya di blog ini untuk dibagikan dengan yang lain, tapi apa daya terlalu banyak materinya jika semuanya harus ditulis.

Dan kalau saya lihat pola dari beberapa event yang diselenggarakan oleh orang luar negeri, mereka MURNI ingin mengembangkan bakat kita, seperti pada event World's First Virtual Global Hackaton yang diadakan oleh koding.com dan event online course mongodb di mongo university ini. Berbeda jauh jika dibandingkan dengan event hackaton di Indonesia, yang beberapa penyelenggara (dari beberapa event yang pernah diikuti) memiliki kepentingan sendiri.

Wallahu'alam.

0 comments:

Post a Comment