About


Nama saya Asep Maulana Ismail, biasa dipanggil Asep. Ini adalah beranda saya: . Saya tinggal di Jl. Kebon Gedang V, Bandung, Jawa Barat, 40274, Indonesia dan saat ini saya bekerja sebagai Programmer di PT. Bee Solution Partners.

Awal mula saya 'terjun' ke dunia IT adalah ketika tahun 2009 secara tidak sengaja saya menemukan sebuah modul tentang Visual Basic 6.0 di flashdrive teman saya yang saya pinjam. Semenjak saat itu, saya suka programming dan mulai belajar programming secara otodidak serta bercita-cita untuk membuat sesuatu yang berguna dibidang IT.
Tahun 2010, saya masuk ke Politeknik Negeri Bandung Jurusan Teknik Komputer dan Informatika. Saya memulai pemrograman dengan bahasa C++. Awalnya saya heran, mengapa di kampus tempat saya belajar hanya menggunakan bahasa C++? sementara itu teman-teman saya yang kuliah di tempat lain menggunakan bahasa pemrograman yg lebih 'keren' seperti Java, PHP, dan sebagainya.
Namun sekarang, saya bersyukur karena dulu saya dituntut menggunakan C++.

Kemudian pada tahun 2013, saya lulus dari Politeknik Negeri Bandung. Mungkin sedikit lebay, tapi disinilah awal kehidupan saya yang baru #tsah.

Berikut adalah beberapa pengalaman saya di dunia Information & Technology:

  1. 2010, Saya dan beberapa teman membuat sebuah Startup Non Profit bernama OnBase Labs. Dari sekian banyak event yang kami ikuti hanya 1 yang pernah kami juarai. Dimulai dengan 3 orang, dan sekarang sudah 8 orang. Sampai hari ini, kami masih sering berdiskusi untuk membuat produk selanjutnya.
  2. 2012, kerja praktek di PT.Awakami yang bergerak dibidang Web Application. Disana, saya membantu mengerjakan produk mereka yaitu Kiper.co.id.
  3. 2013, mulai bekerja di PT. Bee Solution Partners hingga sekarang.
  4. 2014, mengikuti World's First Virtual Global Hackaton yang diselenggarakan oleh Koding. Dan saya lolos hingga Final Round. Baca kisahnya disini.
  5. 2015, menang kontes desain di 99designs.com untuk pertama kalinya. Baca disini.

Mengapa menulis di Blog? Saya butuh suatu media untuk mencatat (logging) pengalaman-pengalaman saya di dunia IT dari waktu ke waktu, terutama untuk masalah-masalah pemrograman yang muncul dalam pekerjaan saya, agar memudahkan saya dalam mencarinya kembali dan mungkin dapat membantu orang lain yang memiliki masalah yang sama. 

Walaupun saya rasa sudah terlambat, tapi saya yakin ini akan menjadi perubahan yang sangat baik.

"Aku memiliki pekerjaan terbaik di dunia, karena hobi yang dibayar itu menyenangkan"

- Asep Maulana Ismail -

Ditulis oleh Asep Maulana Ismail
asepmaulanaismail.com